Latihan UNBK
1. Topik: Bilangan
Sub Topik: Operasi bilangan bulat
1. Hasil dari -4 + 8: (-2) x 2 + 5 -2 adalah ...
A. -9
B. -7
C. 7
D. 9
Jawaban: A
Pembahasan:
Operasi yang dimulai dengan pembagian dan perkalian karena kedudukannya lebih tinggi
dari penjumlahan dan penggantian.
-4 + (8: -2) x 2 + 5 -2 = -4 + (-4 x 2) + 5 - 2
= -4 + (-8) + 5 - 2
= -9
2. Topik: Operasi bilangan pecahan
Indikator: Peserta didik mampu Menghitung hasil operasi bilangan pecahan
Hasil dari
adalah ...


Jawaban: D
Pembahasan:

3. Topik: perbandingan
Indikator: Peserta didik mampu menentukan nilai partisipasi
Sebuah toko kue selama 8 hari dapat membuat 240 kotak kue. Banyak kue yang dapat dibuat oleh toko tersebut selama 12 hari adalah….
A. 160 kotak
B. 260 kotak
C. 360 kotak
D. 460 kotak
Jawaban: C
Pembahasan:

Jadi, banyak kue yang bisa dibuat selama 12 hari adalah 360 kotak.
4. Topik: Bilangan bentuk akar
Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan masalah bilangan bentuk akar
Bentuk yang ekuivalen dengan
adalah ...


Jawaban: C
Pembahasan:

5. Topik: Barisan dan deret
Indikator: Peserta didik mampu menentukan nilai dari deret bilangan
Diketahui barisan aritmetika dengan U4 = 20 dan U8 = 44. Suku ke-40 baris itu adalah…
A. 106
B. 236
C. 246
D. 275
Jawaban: B
Pembahasan:

Eleminasi kedua persamaan:

Substitusi nilai b ke satu antara persamaan di atas, maka:
20 = a + 3b
20 = a + 3 (6)
20 = a + 18
2 = a
Maka suku ke-40 barisan tersebut adalah
U40 = 2 + (39) 6 = 236
6. Topik: Aritmetika sosial
Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan masalah aritmetika sosial
Pak Arif membeli motor dengan harga Rp15.000.000,00 dan dijual lagi dengan harga Rp16.500.000,00. Berapa persentase yang diperoleh?
A. 1%
B. 1,5%
10%
15%
Jawaban: C
Pembahasan:
keuntungan = harga jual - harga beli
= 16.500.000 - 15.000.000
= 1.500.000
Persentase keuntungannya

7. Topik: Aljabar
Sub Topik: Himpunan
K = {3, 4, 5} dan L = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}, himpunan pasangan berurutan yang menyatakan relasi “dua lebihnya dari” dari himpunan K ke L adalah….
A. {(3, 5), (4, 6)}
B. {(3, 5), (4, 6), (5, 7)}
C. {(3, 1), (4, 2), (5, 3)}
D. {(3, 2), (4, 2), (5, 2)}
Jawaban: C
Pembahasan:
"dua lebihnya dari" dari himpunan K ke L:
3 dua lebihnya dari 1,
4 dua lebihnya dari 2,
5 dua lebihnya dari 3
Himpunan pasangan berurutannya adalah {(3, 1), (4, 2), (5, 3)}
8. Topik: Persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
Indikator: Peserta didik Mampu mene n tukan Persamaan Dan pertidaksamaan linier Satu variabel
Penyelesaian dari
adalah ....

A. x = -42
B. x = -35
C. x = 35
D. x = 42
Jawaban: A
Pembahasan:

9. Topik: Sistem Distribusi linier dua variabel
Indikator: Peserta didik mampu Menghitung Kontribusi linear dua variabel
Harga satu kaus dan dua celana Rp150.000,00 sedangkan harga 3 kaus dan 3 celana Rp.000,00. Harga 2 kaus dan 5 celana adalah…
A. Rp60.000,00
B. Rp90.000,00
C. Rp270.000,00
D. Rp360.000,00
Jawaban: D
Pembahasan:
Kaus misalkan = x dan celana = y
Harga satu kaus dan dua celana Rp150.000,00: x + 2y = 150.000
Harga 3 kaus dan 3 celana Rp270.000,00: 3x + 3y = 270.000
Dengan metode eliminasi yang diperoleh:

Memakai harga 2 kaus dan 5 celana = 2x + 5y = 2 (30.000) + 5 (60.000) = 360.000
10. Topik: Garis-garis sejajar dan sudut
Indikator: Peserta didik mampu menentukan nilai sudut sesuai garis
Pilih gambar di bawah ini!

Besar sudut AOC adalah ...
A. 42 °
B. 44 °
C. 46 °
D. 50 °
Jawaban: C
Pembahasan:
∠AOC dan ∠BOC merupakan sudut saling berbantu, maka:
∠AOC + ∠BOC = 90 °
(6x + 4) ° + (5x + 9) ° = 90 °
11x ° + 13 ° = 90 °
11x ° = 90 ° - 13 °
11x ° = 77 °
x = 7 °
∠AOC = (6x + 4) °
∠AOC = (6,7 + 4) °
∠AOC = 46 °
11. Topik: Segiempat dan segitiga
Indikator: Peserta didik mampu menganalisa sisi panjang
Dari pasangan sisi-sisi segitiga di bawah ini, yang merupakan sisi-sisi segitiga siku-siku
adalah ....
A. 8 cm, 12 cm, 16 cm
B. 9 cm, 12 cm, 15 cm
C. 9 cm, 12 cm, 17 cm
D. 12 cm, 14 cm, 20 cm
Jawaban: B
Pembahasan:
Dalam jika segitiga ABC, jika c 2 = a 2 + b 2 , maka segitiga adalah segitiga siku-siku. Dimana c adalah sisi miring.
Untuk sisi segitiga 8 cm, 12 cm, dan 16 cm
16 2 > 8 2 + 12 2
256> 64 + 144
256> 208
(segitiga tumpul)
Untuk sisi segitiga 9cm, 12cm, dan 15cm
15² = 9 ² + 12²
255 = 81 + 144
225 = 225
(segitiga siku-siku)
Untuk segitiga 9cm, 12cm, dan 17 cm
17 ²> 9² + 12²
289> 81 + 144
289> 225
(segitiga tumpul)
Untuk segitiga 12cm, 14cm, dan 20cm
20 ²> 12² + 14²
400> 144 + 196
400> 340
(segitiga tumpul)
Jadi, yang mewakili panjang sisi segitiga siku-siku adalah 9 cm, 12 cm, dan 15 cm.
12. Topik: Lingkaran
Indikator: Peserta didik mampu menghitung lingkaran luas
Sebuah ban mobil memiliki panjang jari-jari 35 cm. Ketika mobil tersebut berjalan, ban mobil tersebut berjalan sebanyak 100 kali. Tentukan luas larangan mobil tersebut!
A. 220 cm ²
B. 3,850 cm ²
C. 2.220 cm ²
D. 38.500 cm ²
Jawaban: B
Pembahasan:
r = 35 cm
L = Î r²
L = 22/7 x (35 cm) ²
L = 3,850 cm²
13. Topik: Lingkaran
Indikator: Peserta didik mampu menyimpulkan keliling lingkaran
Sebuah lapangan berbentuk lingkaran dengan diameter 56 m. Di sekeliling lapangan akan dipasang lampu dengan jarak 4 m. Berapa banyak lampu yang dibutuhkan?
A. 24 buah
B. 30 buah
C. 34 buah
D. 44 buah
Jawaban: D
Pembahasan:

Banyak lampu = keliling: jarak lampu
= 176: 4
= 44 buah
14. Topik: Geometri dan Pengukuran
Sub Topik: Garis dan sudut
Pilih gambar di bawah ini

Nilai y adalah ...
A. 24 °
B. 25 °
C. 26 °
D. 34 °
Jawaban: C
Pembahasan:
Untuk menjawab pertanyaan ini kamu harus paham konsep hubungan antarsudut jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain. Dalam hal ini ∠CEF dan ∠EAH merupakan sudut sehadap, maka:
∠EAH = ∠CEF
∠EAH = 102 °
∠EAH + ∠BAE = 180 ° (sudut saling berpelurus)
102 ° + 3t = 180 °
3y = 180 ° - 102 °
3tk = 78 °
y = 26 °
15. Topik: Geometri dan Pengukuran
Sub Topik: Segitiga dan Segiempat
Sebuah taman berbentuk persegi. Di sekeliling taman itu ditanami pohon pinus dengan jarak antar pohon 4 m. Panjang sisi taman itu adalah 65 m. Banyak pohon pinus yang dibutuhkan adalah ...
A. 50
B. 55 C. 60
D. 65
Jawab an : D
Pembahasan:
Keliling taman yang berbentuk persegi tersebut adalah
K = 4 dtk
K = 4 x 65 m
K = 260 m
Karena Setiap 4 m ditanami pohon maka banyak pohon yang diperlukan adalah
Banyak pohon = 260 m / 4 m
Banyak pohon = 65
Jadi, banyak pohon pinus yang dibutuhkan adalah 65 buah pohon .
16. Topik: Geometri dan Pengukuran
Sub Topik: Kesebangunan dan Kekongruenan
Sebuah foto berbentuk persegi panjang dilipat di atas selembar karton berbentuk 20 cm x 40 cm. Di sebelah kiri, kanan dan atas ada sisa karton masing-masing 5 cm. Jika foto dan karton tersebut sebangun, maka lebar sisa karton di bawah foto itu adalah…
A. 5 cm
B. 10 cm
C. 20 cm
D. 30 cm
Jawaban : C
Pembahasan:
Diketahui bahwa ukuran karton 20 cm x 40 cm
Ukuran foto dapat diketahui berdasarkan sisa karton
Panjang (P) = 20 - sisa kanan - sisa kiri
= 20 - 5 - 5
= 10 cm
Lebar (L) = 40 - sisa atas - sisa bawah
= 40 - 5 - x
= (35 -x) cm
Dapat digambarkan sebagai berikut

Karena foto dan karton sebangun, maka dapat dicari nilai x menggunakan rumus

17. Topik: Bangun ruang sisi lengkung
Indikator: Peserta didik mampu menghitung volume ruang sisi lengkung
Menerima gambar!

Sebuah bola tepat di dalam tabung Jadi bola menyinggung setiap sisi tabung. Jika volume tabung 60 cm 3 , volume bola adalah….
A. 30 cm 3
B. 36 cm 3
C. 40 cm 3
D. 45 cm 3
Jawaban: C
Pembahasan:

Volume bola tersebut adalah 40 cm 3
18. Topik: Peluang
Indikator: Peserta didik mampu menganalisis peluang
Dalam sebuah kotak berisi 9 kelereng yang diberi nomor 1 hingga dengan 9. Jika diambil kelereng secara acak, maka peluang terambilnya kelereng bernomor prima adalah…

Jawaban: B
Pembahasan:

19. Topik: Ukuran data pemusatan
Indikator: Peserta didik mampu menganalisis ukuran data
Rata-rata rata-rata dari 12 siswa adalah 55 kg dan rata-rata berat 15 orang lainya adalah 45 Berat rata-rata rata-rata dari keseluruhan kedua kelompok tersebut adalah….
A. 47 kg
B. 48 kg
C. 49 kg
D. 50 kg
Jawaban: C
Pembahasan:
Jumlah berat 12 siswa = 12 X 55 = 660 = rata-rata ke-1
Jumlah berat 15 siswa = 15 X 45 = 675 = rata-rata ke-2

20. Topik: Peluang
Indikator: Peserta didik mampu Menghitung Uang
Dalam percobaan melempar sebuah dadu, peluang muncul mata dadu faktor dari 6 ...

Jawaban: C
Pembahasan:
Mata dadu faktor dari 6 adalah 1, 2, 3, dan 6

21. Diketahui himpunan
Maka adalah...
Alternatif Pembahasan:
22. Perhatikan diagram panah berikut!Rumus fungsi dari ke adalah...
Alternatif Pembahasan:
23. Perhatikan gambar.Besar sudut adalah...
Alternatif Pembahasan:
24. Pada gambar berikut, segitiga dan segitiga merupakan sua segitiga kongruen. Besar dan . Manakah pasangan sisi yang sama panjang?Besar sudut adalah...
Alternatif Pembahasan:
25. Panjang busur lingkaran dengan sudut pusat dan panjang jari-jari adalah...
Alternatif Pembahasan:
26. Perhatikan balok berikut!Panjang diagonal ruang adalah...
Alternatif Pembahasan:
27. Limas dengan alas persegi mempunyai tinggi dan keliling alas , Volume limas tersebut adalah...
Alternatif Pembahasan:
28. Pak Anton membuat taman berbentuk persegi panjang berukuran . Di tengah taman dibuat kolam berbentuk lingkaran berdiameter . Taman di luar kolam tersebut ditanami rumput. Luas taman yang ditanami rumput adalah...
Alternatif Pembahasan:
29. Sebuah taman berbentuk persegipanjang dengan panjang diagonal meter dan meter. Panjang diagonal taman tersebut adalah...
Alternatif Pembahasan:
30. Sebuah pohon yang berada di depan gedung mempunyai tinggi . Pada saat yang sama bayangan gedung berimpit dengan bayangan pohon seperti tampak pada gambar di bawah.Tinggi gedung yang sesuai ukuran tersebut adalah....
Alternatif Pembahasan:
31. Perhatikan gambarPanjang adalah....
Alternatif Pembahasan:
32. Ayah membuat topi dari kain dengan bentuk seperti gambar.Luas kain yang diperlukan utnuk membuat topi tersebut adalah...
Alternatif Pembahasan:
33. Perhatikan gambarJika luas daerah yang tidak diarsir , luas daerah yang diarsir adalah...
Alternatif Pembahasan:
34. Perhatikan gambarSeseorang akan mengukur lebar sungai dengan cara menancapkan tongkat seperti pada gambar. Tongkat segaris dengan pohon diseberang sungai. Jika , dan , lebar sungai adalah...
Alternatif Pembahasan:
35. Pada pengundian dua dadu secara bersamaan, peluang muncul mata dadu berjumlah adalah...
Alternatif Pembahasan:
36. Tim Bola Basket terdiri dari siswa memiliki rata-rata berat badan kg. Selisih berat badan terbesar dan terkecil kg. Ada satu orang terberat dan lainnya sama beratnya. Berat badan siswa yang terbesar adalah...
37. Dalam suatu acara untuk memperingati Hari Kemerdekaan, ketua RT mengadakan undian berhadiah dengan hadiah utama sebuah sepeda. Jika dalam undian tersebut terdapat kupon. Andi ingin mendapatkan hadiah utama dengan memiliki kupon. Peluang Andi untuk mendapatkan sepeda adalah...
Alternatif Pembahasan:
38. Perhatikan tabel berikut!Banyak siswa yang memiliki tinggi badan di atas rata-rata adalah...
Tabel Tinggi Badan Siswa Tinggi Badan (cm) Frekuensi (f) Jumlah
Alternatif Pembahasan:
39. Data tinggi badan siswa (dalam cm) sebagai berikut.
, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .
Modus tinggi badan siswa adalah...
Alternatif Pembahasan:
40. Sekolah melakukan pendataan terhadap kegiatan paling di senangi siswa setelah pulang sekolah seperti pada diagram berikut;Jika banyak siswa yang di data anak, banyak siswa yang senang bermain bersama teman adalah...
Komentar
Posting Komentar