Latihan UNBK
1. Topik: Bilangan
Sub Topik: Operasi bilangan bulat

1. Hasil dari -4 + 8: (-2) x 2 + 5 -2 adalah ...
A. -9
B. -7
C. 7
D. 9
Jawaban: A
Pembahasan:
Operasi yang dimulai dengan pembagian dan perkalian karena kedudukannya lebih tinggi
dari penjumlahan dan penggantian.
-4 + (8: -2) x 2 + 5 -2 = -4 + (-4 x 2) + 5 - 2
                                = -4 + (-8) + 5 - 2
                                = -9

2. Topik: Operasi bilangan pecahan
Indikator: Peserta didik mampu Menghitung hasil operasi bilangan pecahan
Hasil dari  latihan ujian nasional 2019 matematika smp - soal 2adalah ...
latihan ujian nasional 2019 matematika smp - pg 2
Jawaban: D
Pembahasan:
latihan ujian nasional 2019 matematika smp - jawaban 2

3. Topik: perbandingan
Indikator: Peserta didik mampu menentukan nilai partisipasi
Sebuah toko kue selama 8 hari dapat membuat 240 kotak kue. Banyak kue yang dapat dibuat oleh toko tersebut selama 12 hari adalah….
A. 160 kotak
B. 260 kotak
C. 360 kotak
D. 460 kotak
Jawaban: C
Pembahasan:
latihan ujian nasional 2019 matematika smp - jawaban 3
Jadi, banyak kue yang bisa dibuat selama 12 hari adalah 360 kotak.

Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan masalah bilangan bentuk akar
Bentuk yang ekuivalen dengan  latihan ujian nasional 2019 matematika smp - soal 4adalah ...
latihan ujian nasional 2019 matematika smp - pg 4
Jawaban: C
Pembahasan:
latihan ujian nasional 2019 matematika smp - jawaban 4

5. Topik: Barisan dan deret
Indikator: Peserta didik mampu menentukan nilai dari deret bilangan
Diketahui barisan aritmetika dengan U4 = 20 dan U8 = 44. Suku ke-40 baris itu adalah…
A. 106
B. 236
C. 246
D. 275
Jawaban: B
Pembahasan:
latihan ujian nasional 2019 matematika smp - jawaban 5a
Eleminasi kedua persamaan:
latihan ujian nasional 2019 matematika smp - jawaban 5b
Substitusi nilai b ke satu antara persamaan di atas, maka:
20 = a + 3b
20 = a + 3 (6)
20 = a + 18
  2 = a
Maka suku ke-40 barisan tersebut adalah
U40 = 2 + (39) 6 = 236

6. Topik: Aritmetika sosial
Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan masalah aritmetika sosial
Pak Arif membeli motor dengan harga Rp15.000.000,00 dan dijual lagi dengan harga Rp16.500.000,00. Berapa persentase yang diperoleh?
A. 1%
B. 1,5%
10%
15%
Jawaban: C
Pembahasan:          
keuntungan = harga jual - harga beli
                          = 16.500.000 - 15.000.000
                          = 1.500.000
Persentase keuntungannya 
latihan ujian nasional 2019 matematika smp - jawaban 6

7. Topik: Aljabar
Sub Topik: Himpunan
K = {3, 4, 5} dan L = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}, himpunan pasangan berurutan yang menyatakan relasi “dua lebihnya dari” dari himpunan K ke L adalah….
A. {(3, 5), (4, 6)}
B. {(3, 5), (4, 6), (5, 7)}
C. {(3, 1), (4, 2), (5, 3)}
D. {(3, 2), (4, 2), (5, 2)}
Jawaban: C
Pembahasan:
"dua lebihnya dari" dari himpunan K ke L:
3 dua lebihnya dari 1,
4 dua lebihnya dari 2,
5 dua lebihnya dari 3
Himpunan pasangan berurutannya adalah {(3, 1), (4, 2), (5, 3)}

8. Topik: Persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
Indikator: Peserta didik Mampu mene tukan Persamaan Dan pertidaksamaan  linier Satu variabel
Penyelesaian dari  latihan ujian nasional matematika SMP - soal 8adalah ....
A. x = -42
B. x = -35
C. x = 35
D. x = 42
Jawaban: A
Pembahasan:
latihan ujian nasional matematika SMP - pembahasan 8

9.  Topik: Sistem Distribusi linier dua variabel
Indikator: Peserta didik mampu Menghitung Kontribusi linear dua variabel
Harga satu kaus dan dua celana Rp150.000,00 sedangkan harga 3 kaus dan 3 celana Rp.000,00. Harga 2 kaus dan 5 celana adalah…
A. Rp60.000,00
B. Rp90.000,00
C. Rp270.000,00
D. Rp360.000,00
Jawaban: D
Pembahasan:
Kaus misalkan = x dan celana = y
Harga satu kaus dan dua celana Rp150.000,00: x + 2y = 150.000
Harga 3 kaus dan 3 celana Rp270.000,00: 3x + 3y = 270.000
Dengan metode eliminasi yang diperoleh:
latihan ujian nasional matematika SMP - soal 9
Memakai harga 2 kaus dan 5 celana = 2x + 5y = 2 (30.000) + 5 (60.000) = 360.000

10. Topik: Garis-garis sejajar dan sudut
Indikator: Peserta didik mampu menentukan nilai sudut sesuai garis
Pilih gambar di bawah ini!
latihan ujian nasional matematika SMP - soal 10
Besar sudut AOC adalah ...
A. 42 °
B. 44 °
C. 46 °
D. 50 °
Jawaban: C
Pembahasan:
∠AOC dan ∠BOC merupakan sudut saling berbantu, maka:
∠AOC + ∠BOC = 90 °
(6x + 4) ° + (5x + 9) ° = 90 °
11x ° + 13 ° = 90 °
11x ° = 90 ° - 13 °
11x ° = 77 °
x = 7 °
∠AOC = (6x + 4) °
∠AOC = (6,7 + 4) °
∠AOC = 46 ° 

11. Topik: Segiempat dan segitiga
Indikator: Peserta didik mampu menganalisa sisi panjang
Dari pasangan sisi-sisi segitiga di bawah ini, yang merupakan sisi-sisi segitiga siku-siku
adalah ....
A. 8 cm, 12 cm, 16 cm
B. 9 cm, 12 cm, 15 cm
C. 9 cm, 12 cm, 17 cm
D. 12 cm, 14 cm, 20 cm
Jawaban: B
Pembahasan:
Dalam jika segitiga ABC, jika c 2 = a 2 + b 2 , maka segitiga adalah segitiga siku-siku. Dimana c adalah sisi miring.
Untuk sisi segitiga 8 cm, 12 cm, dan 16 cm
 16 2 > 8 2 + 12 2
256> 64 + 144
256> 208
(segitiga tumpul)

Untuk sisi segitiga 9cm, 12cm, dan 15cm
15² = 9 ² + 12²
255 = 81 + 144
225 = 225
(segitiga siku-siku)

Untuk segitiga 9cm, 12cm, dan 17 cm
17 ²> 9² + 12²
289> 81 + 144
289> 225
(segitiga tumpul)

Untuk segitiga 12cm, 14cm, dan 20cm
20 ²> 12² + 14²
400> 144 + 196
400> 340
(segitiga tumpul)
Jadi, yang mewakili panjang sisi segitiga siku-siku adalah 9 cm, 12 cm, dan 15 cm.

12. Topik: Lingkaran
Indikator: Peserta didik mampu menghitung lingkaran luas
Sebuah ban mobil memiliki panjang jari-jari 35 cm. Ketika mobil tersebut berjalan, ban mobil tersebut berjalan sebanyak 100 kali. Tentukan luas larangan mobil tersebut!
A. 220 cm ²
B. 3,850 cm ²
C. 2.220 cm ²
D. 38.500 cm ²
Jawaban: B
Pembahasan:
r = 35 cm
L = Πr²
L = 22/7 x (35 cm) ²
L = 3,850 cm²

13.  Topik: Lingkaran
Indikator: Peserta didik mampu menyimpulkan keliling lingkaran
Sebuah lapangan berbentuk lingkaran dengan diameter 56 m. Di sekeliling lapangan akan dipasang lampu dengan jarak 4 m. Berapa banyak lampu yang dibutuhkan?
A. 24 buah
B. 30 buah
C. 34 buah
D. 44 buah
Jawaban: D
Pembahasan:
latihan ujian nasional matematika SMP - pembahasan 13
Banyak lampu = keliling: jarak lampu
                              = 176: 4
                              = 44 buah

14. Topik: Geometri dan Pengukuran
Sub Topik: Garis dan sudut
Pilih gambar di bawah ini
latihan ujian nasional matematika SMP - soal 14
Nilai y adalah ...
A. 24 °     
B. 25 °                  
C. 26 °                 
D. 34 °
Jawaban: C
Pembahasan:
Untuk menjawab pertanyaan ini kamu harus paham konsep hubungan antarsudut jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain. Dalam hal ini ∠CEF dan ∠EAH merupakan sudut sehadap, maka:
∠EAH = ∠CEF
∠EAH = 102 °
∠EAH + ∠BAE = 180 ° (sudut saling berpelurus)
102 ° + 3t = 180 °
3y = 180 ° - 102 °
3tk = 78 °
y = 26 °

15. Topik: Geometri dan Pengukuran
Sub Topik: Segitiga dan Segiempat
Sebuah taman berbentuk persegi. Di sekeliling taman itu ditanami pohon pinus dengan jarak antar pohon 4 m. Panjang sisi taman itu adalah 65 m. Banyak pohon pinus yang dibutuhkan adalah ...
A. 50 
B. 55 C. 60
D. 65
Jawab an  D
Pembahasan:
Keliling taman yang berbentuk persegi tersebut adalah
K = 4 dtk
K = 4 x 65 m
K = 260 m

Karena Setiap 4 m ditanami pohon maka banyak pohon yang diperlukan adalah
Banyak pohon = 260 m / 4 m
Banyak pohon = 65
Jadi, banyak pohon pinus yang dibutuhkan adalah 65 buah pohon .

16. Topik: Geometri dan Pengukuran
Sub Topik: Kesebangunan dan Kekongruenan
Sebuah foto berbentuk persegi panjang dilipat di atas selembar karton berbentuk 20 cm x 40 cm. Di sebelah kiri, kanan dan atas ada sisa karton masing-masing 5 cm. Jika foto dan karton tersebut sebangun, maka lebar sisa karton di bawah foto itu adalah…
A. 5 cm
B. 10 cm
C. 20 cm
D. 30 cm
Jawaban : C
Pembahasan:
Diketahui bahwa ukuran karton 20 cm x 40 cm
Ukuran foto dapat diketahui berdasarkan sisa karton
Panjang (P) = 20 - sisa kanan - sisa kiri
= 20 - 5 - 5
= 10 cm
Lebar (L) = 40 - sisa atas - sisa bawah 
= 40 - 5 - x
= (35 -x) cm
Dapat digambarkan sebagai berikut
latihan ujian nasional matematika SMP - pembahasan 16
Karena foto dan karton sebangun, maka dapat dicari nilai x menggunakan rumus
latihan ujian nasional matematika SMP - pembahasan 16 a

17.  Topik: Bangun ruang sisi lengkung
Indikator: Peserta didik mampu menghitung volume ruang sisi lengkung
Menerima gambar!
latihan ujian nasional matematika SMP - soal 17
Sebuah bola tepat di dalam tabung Jadi bola menyinggung setiap sisi tabung. Jika volume tabung 60 cm 3 , volume bola adalah….
A. 30 cm 3
B. 36 cm 3
C. 40 cm 3
D. 45 cm 3
Jawaban: C
Pembahasan:
latihan ujian nasional matematika SMP - pembahasan 17
Volume bola tersebut adalah 40 cm 3

18. Topik: Peluang
Indikator: Peserta didik mampu menganalisis peluang
 Dalam sebuah kotak berisi 9 kelereng yang diberi nomor 1 hingga dengan 9. Jika diambil kelereng secara acak, maka peluang terambilnya kelereng bernomor prima adalah…
latihan ujian nasional matematika SMP - hal 18
Jawaban: B
Pembahasan:
latihan ujian nasional matematika SMP - pembahasan 18

19.  Topik: Ukuran data pemusatan
Indikator: Peserta didik mampu menganalisis ukuran data
Rata-rata rata-rata dari 12 siswa adalah 55 kg dan rata-rata berat 15 orang lainya adalah 45 Berat rata-rata rata-rata dari keseluruhan kedua kelompok tersebut adalah….
A. 47 kg
B. 48 kg
C. 49 kg
D. 50 kg
Jawaban: C
Pembahasan:
Jumlah berat 12 siswa = 12 X 55 = 660 = rata-rata ke-1
Jumlah berat 15 siswa = 15 X 45 = 675 = rata-rata ke-2
latihan ujian nasional matematika SMP - pembahasan 19

20. Topik: Peluang
Indikator: Peserta didik mampu Menghitung Uang
Dalam percobaan melempar sebuah dadu, peluang muncul mata dadu faktor dari 6 ...
latihan ujian nasional matematika SMP - soal 20
Jawaban: C
Pembahasan:
Mata dadu faktor dari 6 adalah 1, 2, 3, dan 6
latihan ujian nasional matematika SMP - pembahasan 20

21. Diketahui himpunan
S= {bilangan asli kurang dari 12}A={bilangan ganjil kurang dari 11}B={bilangan prima kurang dari 12}
Maka (AB)c adalah...

(A) {3,5,7}(B) {1,2,9,11}(C) {4,6,8,10}(D) {1,2,4,6,8,9,10,11}
Alternatif Pembahasan:
22. Perhatikan diagram panah berikut!
Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMP (*Simulasi UNBK Matematika SMP)
Rumus fungsi dari A ke B adalah...

(A) f(x)=3x2(B) f(x)=x+2(C) f(x)=2x+3(D) f(x)=3x+4
Alternatif Pembahasan:
23. Perhatikan gambar.
Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMP (*Simulasi UNBK Matematika SMP)
Besar sudut BAC adalah...

(A) 24(B) 28(C) 55(D) 65
Alternatif Pembahasan:
24. Pada gambar berikut, segitiga PQR dan segitiga STU merupakan sua segitiga kongruen. Besar R=U dan Q=S. Manakah pasangan sisi yang sama panjang?
Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMP (*Simulasi UNBK Matematika SMP)
Besar sudut BAC adalah...

(A) PR=SU(B) QR=TU(C) PQ=SU(D) PQ=ST
Alternatif Pembahasan:
25. Panjang busur lingkaran dengan sudut pusat 72 dan panjang jari-jari 10 cm adalah...
(A) 62,80 cm(B) 31,40 cm(C) 12,56 cm(D) 6,280 cm
Alternatif Pembahasan:
26. Perhatikan balok berikut!
Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMP (*Simulasi UNBK Matematika SMP)
Panjang diagonal ruang DF adalah...

(A) 1696(B) 1552(C) 1440(D) 400
Alternatif Pembahasan:
27. Limas dengan alas persegi mempunyai tinggi 8 cm dan keliling alas 60 cm, Volume limas tersebut adalah...
(A) 160 cm3(B) 480 cm3(C) 600 cm3(D) 640 cm3
Alternatif Pembahasan:

28. Pak Anton membuat taman berbentuk persegi panjang berukuran 6 m×5 m. Di tengah taman dibuat kolam berbentuk lingkaran berdiameter 2,8 m. Taman di luar kolam tersebut ditanami rumput. Luas taman yang ditanami rumput adalah...
(A) 23,84 m2(B) 25,60 m2(C) 30,88 m2(D) 36,16 m2
Alternatif Pembahasan:
29. Sebuah taman berbentuk persegipanjang dengan panjang diagonal (6x+4) meter dan (7x1) meter. Panjang diagonal taman tersebut adalah...
(A) 5 m(B) 26 m(C) 34 m(D) 36 m
Alternatif Pembahasan:
30. Sebuah pohon yang berada di depan gedung mempunyai tinggi 8 m. Pada saat yang sama bayangan gedung berimpit dengan bayangan pohon seperti tampak pada gambar di bawah.
Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMP(*Simulasi UNBK Matematika SMP)
Tinggi gedung yang sesuai ukuran tersebut adalah....

(A) 5,30 m(B) 6,25 m(C) 10,00 m(D) 12,00 m
Alternatif Pembahasan:
31. Perhatikan gambar
Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMP(*Simulasi UNBK Matematika SMP)
Panjang BC adalah....

(A) 16 cm(B) 48 cm(C) 64 cm(D) 192 cm
Alternatif Pembahasan:
32. Ayah membuat topi dari kain dengan bentuk seperti gambar.
Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMP(*Simulasi UNBK Matematika SMP)
Luas kain yang diperlukan utnuk membuat topi tersebut adalah...

(A) 1.695,6 cm2(B) 1.758,4 cm2(C) 2.072,4 cm2(D) 2.386,4 cm2
Alternatif Pembahasan:
33. Perhatikan gambar
Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMP(*Simulasi UNBK Matematika SMP)
Jika luas daerah yang tidak diarsir 55 cm2, luas daerah yang diarsir adalah...

(A) 5 cm2(B) 10 cm2(C) 20 cm2(D) 40 cm2
Alternatif Pembahasan:
34. Perhatikan gambar
Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMP(*Simulasi UNBK Matematika SMP)
Seseorang akan mengukur lebar sungai dengan cara menancapkan tongkat A,B,C,dan D seperti pada gambar. Tongkat A segaris dengan pohon E diseberang sungai. Jika AB=12 mBD=15 m dan CD=25 m, lebar sungai adalah...

(A) 15 m(B) 20 m(C) 31 m(D) 35 m
Alternatif Pembahasan:
35. Pada pengundian dua dadu secara bersamaan, peluang muncul mata dadu berjumlah 9 adalah...
(A) 12(B) 13(C) 14(D) 19
Alternatif Pembahasan:
36. Tim Bola Basket terdiri dari 5 siswa memiliki rata-rata berat badan 45 kg. Selisih berat badan terbesar dan terkecil 15 kg. Ada satu orang terberat dan lainnya sama beratnya. Berat badan siswa yang terbesar adalah...

37. Dalam suatu acara untuk memperingati Hari Kemerdekaan, ketua RT mengadakan undian berhadiah dengan hadiah utama sebuah sepeda. Jika dalam undian tersebut terdapat 300 kupon. Andi ingin mendapatkan hadiah utama dengan memiliki 15 kupon. Peluang Andi untuk mendapatkan sepeda adalah...
(A) 110(B) 16(C) 120(D) 25
Alternatif Pembahasan:
38. Perhatikan tabel berikut!
Tabel Tinggi Badan Siswa
Tinggi Badan (cm)Frekuensi (f)
1554
1562
15715
1588
1593
Jumlah32
Banyak siswa yang memiliki tinggi badan di atas rata-rata adalah...
(A) 26 siswa(B) 15 siswa(C) 11 siswa(D) 6 siswa
Alternatif Pembahasan:
39. Data tinggi badan 20 siswa (dalam cm) sebagai berikut.
157159159156157157158158158160160161158159159156156157159160160158159160.
Modus tinggi badan siswa adalah...

(A) 157 cm(B) 158 cm(C) 159 cm(D) 160 cm
Alternatif Pembahasan:
40. Sekolah melakukan pendataan terhadap kegiatan paling di senangi siswa setelah pulang sekolah seperti pada diagram berikut;
Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMP (*Simulasi UNBK Matematika SMP)
Jika banyak siswa yang di data 1.800 anak, banyak siswa yang senang bermain bersama teman adalah...

Komentar